Info Sekolah
Jumat, 02 Mar 1798
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
23 September 2022

Cara Mencangkok

Jum, 23 September 2022 Dibaca 3248x

Mencangkok adalah kegiatan reproduksi vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman dengan kualitas yang sama dengan induknya dan lebih cepat menghasilkan buah. Proses ini merupakan cara perkembangbiakan yang cukup sederhana dan mudah. Proses ini bahkan bisa dilakukan oleh orang yang belum terlalu mengerti soal perkebunan.

Mencangkok merupakan salah satu solusi tercepat untuk menumbuhkan akar pada batang tanaman. Oleh karena itu, kebanyakan proses mencangkok menggunakan ranting yang tidak terlalu besar. Berikut langkah – langkah yang dapat dilakukan saat mencangkok tanaman.

  1. Pilih cabang yang sudah sehat dan kuat atau sudah berkayu.
  2. Ukuran diameternya.tidak lebih kecil dari ukuran pensil. Sebaiknya warna kulit cabang cokelat muda atau hijau kecokelatan, tergantung jenis tanaman buah-buahannya.
  3. Cabang kemudian disayat dengan pisau secara melingkar dan dibuat memanjang ke bawah sepanjang dua kali diameter cabang.
  4. Kemudian, kulitnya dikelupas sehingga bagian kambium tampak jelas. Kambium ini dihilangkan dengan cara dikerik dengan mata pisau sehingga bersih atau kering.
  5. Setelah dikerik, pada keratan bagian atas diolesi ataupun tanpa diolesi dengan hormon tumbuh. Contoh hormon tumbuh adalah Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc untuk 1 liter air.
  6. Siapkan lembaran plastik atau sabut kelapa melingkar menyelubungi batang di bagian bawah keratan. Ikat dengan tali plastik atau rafia.
  7. Selanjutnya, bekas sayatan ditutup dengan media cangkok, media diatur penempatannya agar rata menutupi luka keratan sampai melewati luka keratan bagian atas (1-2 cm).
  8. Cangkokan dirawat dengan cara disiram secara rutin agar tidak kering. Biasanya setelah 2-3 bulan pada cangkokan yang berhasil akan tumbuh akar.
  9. Apabila akar sudah memenuhi media, hasil cangkokan dianggap berhasil. Daun pada cabang terlihat segar. Cangkokan sudah bisa dipotong atau disapih dari induknya. Pemotongan cangkokan yang sudah tumbuh ini dilakukan dengan menggunakan gunting stek atau gergaji di bawah ikatan cangkok.
  10. Setelah dipotong dari induknya, sebagian daun dikurangi untuk menghindari penguapan yang berlebihan. Plastik pembungkus media dilepaskan. Setelah itu cangkok disemaikan dalam polybag.
  11. Setelah cukup besar, cangkokan bisa dipindah ke kebun.

Mencangkok memiliki tujuan utama untuk menghasilkan buah secara lebih cepat dengan pertumbuhan tanamannya tidak terlalu besar. Adapun keunggulan dari mencangkok ialah tinggi tanaman yang proporsional, buah dan bunga yang dihasilkan lebih segar dan subur, dan yang terakhir tentu saja kualitas tanaman sama seperti induknya bahkan terkadang lebih baik. Mencangkok juga memiliki kekurangan, seperti induknya akan rusak apabila mengupas batangnya berlebihan dan tanaman yang dicangkok memiliki risiko rawan mati apabila tidak dirawat dengan rutin dan telaten

Artikel Lainnya

Oleh : Pengelola Laman

Hemat Energi