Info Sekolah
Rabu, 02 Mar 6957
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
14 Oktober 2022

Hemat Energi

Jum, 14 Oktober 2022 Dibaca 434x

Energi yang telah tersedia di bumi harus benar-benar dijaga dengan baik. Hal tersebut dikarenakan, energi pada bumi memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Maka dari itu, penghematannya pun harus dilakukan oleh seisi bumi.

 

Sumber energi yang dihasilkan oleh bumi pun bermacam-macam dan tak terbatas. Ini yang menjadikan kita sebagai makhluk hidup di dalamnya lebih mengerti dan menjaga kelestariannya agar tidak habis. Kita bisa memulainya dari menghemat pemakaian listrik pada rumah tangga sampai menggunakan air secukupnya di kehidupan. Inilah pentingnya mengapa kita perlu menghemat energi.

Berbagai macam alasan dapat dipaparkan agar kita lebih menjaga bumi tercinta ini. Dengan adanya penjelasan terlampir, diharapkan kita dapat secara sadar menyayangi bumi beserta isinya.

Kerusakan Lingkungan

Penipisan sumber daya energi yang dihasilkan bumi dapat terlihat dari beberapa tanda yang sudah diperlihatkan. Kekeringan di beberapa wilayah bagian bumi yang mengakibatkan minimnya pasokan air untuk dikonsumsi, polusi udara sampai kepunahan habitat dan ekosistem. Ini menjadi pertanda bahwa bumi mulai memberi sirine tanda bahaya. Inilah mengapa kita perlu hemat energi. Bila makhluk hidup di dalamnya masih acuh tak acuh, kerusakan lingkungan bisa terjadi seiring dengan kebiasaan manusia.

Mengurangi Polusi Udara

Selain dapat menimbulkan kerusakan lingkungan alasan mengapa kita perlu hemat energi juga terletak pada udara yang kita hirup. Indeks Kualitas Udara (AQI) pun sudah menginformasikan pada awal April 2021 bahwa kualitas udara di Jakarta kembali memburuk hingga mencapai angka 174 US AQI, ini menjadikannya peringkat ke-4 terburuk di dunia. Maka dari itu, dengan kita dapat menghemat pemakaian bahan bakar berlebih, maka udara di bumi akan jauh lebih baik.

Hemat Energi Hemat Biaya

 

Alasan selanjutnya mengapa kita perlu menghemat energi adalah besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan. Semakin kita menghemat energi dalam kehidupan tentu biaya yang dikeluarkan pun akan semakin sedikit. Contoh nyatanya adalah pemakaian listrik di rumah. Bila kita semakin sering menggunakan peralatan elektronik dengan tidak bijak, maka akan semakin tinggi biaya listrik yang dikeluarkan per bulannya.

Ini berlaku pula dalam pemakaian bensin kendaraan, semakin banyak mobilitas kamu di luar, akan semakin banyak pula biaya bensin yang harus dikeluarkan. Kita harus hemat energi karena minyak bumi pun akan habis bila kita tidak bijak dalam pemakaian.

Cara Menghemat Energi Pada Kehidupan Sehari-Hari

 

  • Matikan lampu saat sedang tidak diperlukan, walau memang terkesan sangat simpel tetapi salah satu cara ini juga dapat menjadi langkah penghematan yang tepat pada kehidupan sehari-hari. Apalagi bila di pagi atau siang hari, usahakan untuk minim pencahayaan yang berasal dari listrik.
  • Mulai memprioritaskan kebutuhan rumah tangga yang memang memerlukan listrik, seperti contohnya kita harus hemat energi karena ini menjadi penentu kehidupan selanjutnya. Makna tersebut harus selalu diingat dengan begitu, kita harus bisa memilah mana saja yang benar-benar membutuhkan energi listrik mana yang tidak antara lain, pengeringan pakaian menggunakan panas sinar matahari, membiarkan rambut kering atau dengan cara di kipas tangan, hingga memasak dengan menggunakan produk ramah lingkungan.
  • Penggunaan sumber energi ramah lingkungan, seperti pemasangan panel surya pada hunian untuk menyimpan energi yang baik. Kamu bisa menggunakan air hangat lewat energi tersebut tanpa harus menghabiskan energi berlebih.
  • Membuat pencahayaan ruang secara alami tanpa memerlukan listrik, salah satu caranya adalah dengan penempatan jendela ruang yang besar pada bagian-bagian utama rumah untuk meminimalisir penggunaan lampu pada siang hari.
  • Menghemat pemakaian air di rumah, cara nya mudah tetapi terkadang secara tidak sadar kita masih sering lakukan. Contohnya membiarkan air menyala saat menyikat gigi, mengisi bak kamar mandi hingga penuh tetapi lupa mematikan, hingga melakukan pencucian pakaian tanpa adanya jadwal berkala. Lama kelamaan pasokan air bisa berkurang. Itulah mengapa kita perlu hemat energi.
  • Memilih barang hemat energi, walau cara ini dapat dikatakan sulit, namun kita harus mulai beradaptasi menggunakan peralatan elektronik hemat energi. Selain dapat menghemat dalam segi biaya, bumi pun akan tersenyum melihat makhluk hidupnya sayang terhadapnya.

Artikel Lainnya

Oleh : Pengelola Laman

Cara Mencangkok