Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
25 Januari 2023

‘STUDY LINGKUNGAN’ IPA TAHUN 2023

Rab, 25 Januari 2023 Dibaca 212x Saka News
Giat sisir pantai (mengambil sampah)

Giat sisir pantai (mengambil sampah)

Ket Foto: Giat sisir pantai (mengambil sampah)

Memanfaatkan lingkungan sekitar untuk belajar adalah adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bisa memelihara lingkungan alam. Pada hari Rabu, tanggal 25 Januari 2023, Kelas X dan XI MIPA mengadakan Study Lingkungan. Kegiatan ini bertujuan mengembangakan penalaran melalui perpaduan antara teori-teori yang diperoleh di dalam kelas dengan yang terdapat di lapangan; mengembangkan sikap percaya diri dalam menghadapi permasalahan; memupuk rasa empati, kerjasama dan tanggung jawab; mengembangan kemampuan berpikir secara rasional; memupuk sikap menghargai terhadap lingkungan sebagai sumber kecakapan hidup; dan memperoleh data sebagai bahan membuat tugas laporan.

Seperti halnya pembelajaran di sekolah setiap hari, siswa sudah berkumpul di sekolah jam 6.45 untuk selanjutnya jam 07.00 berangkat menuju lokasi dengan berseragam batik identitas sekolah. Masing-masing jenjang dengan tujuan lokasi yang berbeda. Untuk kelas X MIPA lokasi yang dituju pertama adalah Unit Penyulingan Minyak Kayu Putih, yang kedua adalah Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan, di Gading, Playen, Gunungkidul, dan yang terakhir di Pantai Krakal, Gunungkidul. Sedangkan untuk kelas XI MIPA lokasi yang dituju adalah Solo Technopark di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 19, Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta, dan Museum Kraton Surakarta, di Jl. Sidikoro No. 1-2, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

Di lokasi-lokasi tersebut di atas, peserta didik belajar dan memperoleh data-data yang selanjutnya akan ditulis dalam laporan. Sebagai peserta didik dari sekolah yang melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), mereka melakukan sisir sampah, bersih-bersih di area Pantai Krakal. Diharapkan sikap ini akan selalu berlanjut agar semua menghargai lingkungan sebagai sumber belajar kecakapan hidup.(AWy)

Artikel Lainnya

Oleh : Pengelola Laman

ENERGYDUCATION

Oleh : Pengelola Laman

Upacara Memperingati Hari Pahlawan

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Please login to write comment.