Info Sekolah
Minggu, 02 Mar 2634
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
24 Januari 2023

‘STUDI LINGKUNGAN’ PEMINATAN IPS DI PURA MANGKUNEGARAN DAN SANGIRAN

Sel, 24 Januari 2023 Dibaca 189x Saka News

Peserta didik terlihat senang belajar di luar kelas; memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bisa belajar sekaligus menghargai dan menjaganya. Pada hari Selasa, tanggal 24 Januari 2023, Kelas X dan XI Peminatan IPS mengadakan Studi Lingkungan bertempat di Pura Mangkunegaran di Surakarta dan Situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah.

Latar belakang kegiatan ini adalah untuk membekali pengalaman dan kecakapan hidup agar peseta didik memiliki kemampuan untuk dapat memecahkan masalah secara kritis, analistis dan rasional. Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangakan penalaran melalui perpaduan antara ilmu yang diperoleh di kelas dengan yang terdapat di lapangan ini bertema “Lingkungan Alam dan Sosial sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA Negeri 1 Kalasan”.

Seperti halnya pembelajaran di sekolah setiap hari, siswa sdh berkumpul di sekolah jam 6.45. Selanjutnya jam 07.00 mulai perjalanan menuju Pura Mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah terlebih dahulu, kemudian ke Situs Manusia Purba Sangiran. Seluruh peserta didik dengan panduan Lembar Kerja Siswa (LKS) melakukan pengamatan dan mencari informasi dengan melakukan wawancara dengan petugas atau bertanya kepada orang yang bekerja di lokasi yang dikunjungi.

Tinjuan dari masing-masing Mata Pelajaran (dengan panduan LKS) adalah sebagai berikut. Untuk kelas X di Pura Mangkunegaran adalah Ekonomi, Geografi, PPkn, dan Sosiologi; sedangkan yang di Situs Sangiran adalah Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan Sejarah. Adapun untuk kelas XI di Pura Mangkunegaran adalah Ekonomi, Geografi, PPkn, Sejarah dan Sosiologi; sedangkan yang di Situs Sangiran adalah Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Setelah kegiatan peserta didik membuat laporan secara kelompok.

Berpengalaman mengunjungi Pura Mangkunegaran di Surakarta yang di dalamnya terdapat benda-benda peninggalan kerajaan serta Situs Sangiran di Sragen yang merupakan museum manusia purba adalah yang sebuah pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan. Tampak dari keceriaan mereka, ‘lebih suka belajar begini daripada di ruang kelas’ kata beberapa dari mereka. (AWy)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Please login to write comment.