Senin, 20 Mei 2024
  • Selamat kepada Siswa Kelas XII yang telah lulus, Langkah awal menuju kesuksesan kalian
  • Selamat kepada Siswa Kelas XII yang telah lulus, Langkah awal menuju kesuksesan kalian

Gelombang cinta

Nama Daerah/IlmiahKlasifikasiDeskripsi
Anthurium plowmanii(Gelombang cinta)Divisi : SpermatophytaKelas : Dikotil Ordo : Arales Famili : Àraceae Genus : AnthuriumSpesies : AnthuriumplowmaniiTumbuhan : Merupakan tumbuhan semak. 
Akar : Akar serabut sedikit liar, warna putih kehijauan. 
Batang : Beruas pendek, setiap ruas merupakan tempat melekatnya tangkai daun. Batang umumnya dipenuhi oleh akar yang tumbuh. 
Daun : Bergelombang rapat dan keriting dengan permukaan mengkilap. Tekstur daunnya tebal dan tegas, bila daunnya dipegang akan terasa lebih tebal, warna daun hijau pekat. 
Bunga : Bentuknya seperti tongkol jagung berukuran kecil – kecil memanjang menempel pada tangkai yang mencuat di tengah – tengah seludung. Bunga terdiri atas tangkai, mahkota, dan tongkol. Bunga tergolong bunga berumah satu. 
Buah : Berwarna merah dimana di dalam buah akan terdapat biji – biji. 
Biji : Biji – biji yang segar berbentuk gembung, sedangkan biji yang sudah tua akan kisut. 
Fakta Menarik : Tumbuhan ini cukup sensitif terhadap kebutuhan sinar matahari. Daunnya terlihat pucat dan lemas bila kekurangan sinar matahari. Namun sebaliknya, bila daun terkena sinar matahari dalam tempo lama setiap harinya, akibatnya daun menjadi kepucatan, memutih, ada titik – titik terbakar dan bahkan terbakar total. Jadi lingkungan sekitarnya diharapkan bersuasana semi teduh.

Artikel Lainnya