Info Sekolah
Kamis, 02 Mar 3189
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
16 Agustus 2023

Matoa

Rab, 16 Agustus 2023 Dibaca 72x
Nama Daerah/IlmiahKlasifikasiDeskripsi
Pometia pinnata(Matoa)Divisi : TracheophytaKelas : MagnoliopsidaOrdo : SapindalesFamili : SapindaceaeGenus : PometiaSpesies : Pometia PinnataTumbuhan: termasuk tumbuhan
Akar: Sistem perakaran pohon matoa berbentuk akar tunggang.
Batang: Batang berbentuk silinder, berdiri tegak, dan percabangannya simpodial. Arah percabangan matoa tumbuh miring hingga mendatar, sehingga membentuk pohon rindang.
Daun: Termasuk daun majemuk dan tersusun berselang seling sebanyak 4–12 pasang anak daun. Warna daun muda merah cerah dan berubah menjadi hijau. Panjang rata-rata daunnya 30–40 cm dan lebarnya 8–15 cm. Helaian daun tebal dan kaku, runcing pada ujungnya, bagian pangkal tumpul dan tepi rata. Bagian permukaan atas dan bawah daun halus. Pertulangan daun melengkung.
Bunga: Termasuk bunga majemuk tumbuh pada bagian ujung tangkai daun. Pada bagian mahkota bunga terdapat bulu di bagian luar, serta bagian kelopak bunga agak menyatu.
Buah: Buah berbentuk bulat lonjong sebesar telur puyuh dengan panjang 1,5-5 cm dengan diameter 1-3 cm. Kulit luar buah muda licin berwarna kuning kehijauan. Saat masak buah berwarna coklat kemerahan. Isi buah memiliki kulit ari yang berwarna putih transparan dan melekat pada biji.