Info Sekolah
Selasa, 02 Mar 8365
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
  • Wajah baru, Semangat Baru, Pencapakai Baru, Praba Ambara Jaya.
16 Agustus 2023

Melati jepang merah

Rab, 16 Agustus 2023 Dibaca 94x
Nama Daerah/IlmiahKlasifikasiDeskripsi
Pseuderanthemum maculatum
(Melati jepang merah)
Divisi : Pteridophyta
Kelas : Angiospermae
Ordo : Lamiales
Famili : Acanthaceae
Genus: Pseuderanthemum
Spesies: Pseuderanthemum maculatum
Tumbuhan: Tanaman ini termasuk varian dari bunga melati dan banyak dijumpai tumbuh di negara Jepang. Oleh karena itu masyarakat mengenalnya dengan nama ‘Melati Jepang’. Spesies ini memiliki warna daun dan bunga yang unik serta beraroma harum, sehingga spesies ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah maupun kebun dan juga banyak ditanam sebagai tanaman pagar.
Akar: Akar melati merupakan akar tunggang. Akarnya sulit dipatahkan karena ulet atau lentur dan tidak memiliki serat.
Batang: berkayu, bulat, kecil, bercabang banyak
Daun: tunggal (unifoliate), terletak berhadap-hadapan dan tumbuh berselang-seling, berbentuk ovate dengan warna daun yang hijau kekuningan. Daun tua berwarna gelap. Jaringan vena berwarna kuning.
Bunga: Bunga berukuran kecil, kelopak bunga berwarna hijau. Mahkota bunga berbentuk seperti tabung dengan ujung terbuka, berwarna dominan putih dengan corak berbintik merah keunguan di tengah. Petal (helai mahkota) berbentuk bulat telur melebar di akhir dan mempunyai 4 petal dalam satu bunga. Bunga muncul di ujung batang secara berkelompok.
Buah: Buah berbentuk kapsul, kecil dengan setiap buah memiliki 4 biji.
Fakta Menarik: Melati jepang merah dapat tumbuh dimana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Spesies ini tumbuh baik di lingkungan dengan curah hujan rata-rata 112-19 mm per bulan serta kelembaban udara berkisar antara 50%-80%.

Artikel Lainnya